Berkano di Ladang Rumput Laut Pantai Pandawa

berkano ria di Ladang Rumput Laut
berkano ria di Ladang Rumput Laut

Mampir ke #Bali jangan lewatkan wisata pantai eksotik, terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kutu Selatan, Kabupaten Badung. Kalau melihat Peta Bali letaknya paling selatan Pulau Bali. Dinamakan Pantai #Pandawa karena di sepanjang sisi kiri jalan masuk menuju pantai terlihat tebing di pahat membentuk enam lubang besar. Di mana masing – masing sisi lubang di isi dengan Patung Yudistira, Patung Bima, Patung Arjuna, Patung Sakula, Patung Sadewa dan Patung Dewi Kunti yang berukuran besar. Anda akan dibuat takjub selama perjalanan karena akses masuk jalan sepanjang 1,5 KM membelah tebing kapur. Salut sama pemerintah daerah khususnya Dinas Pariwisatanya berapa Trili.. uang yang dihabiskan buat mengolah dan membelah tebing. Mantap !!! Finally Amazing, sungguh tontonan yang menarik selama perjalanan menuju lokasi. Tarif masuk untuk turis Domestik dikenakan biaya Rp. 4.000/orang dan tarif turis Manca negara dikenakan biaya Rp. 10.000/orang. Think again, tiket masuk pantai di daerahku kok mahal banget ya haha.

Sepanjang jalan masuk Pantai Pandawa melewati celah bukit yang di belah, keren, salut, kagum dah
Sepanjang jalan masuk Pantai Pandawa melewati celah bukit yang di belah, keren, salut, kagum dah

Lanjut, tempat wisata ini dahulu dinamakan Secret Beach karena lokasinya berada di balik tebing (sebelum pemerintah daerah membuat akses jalan). Menurut warga sekitar terungkapnya Secret Beach karena warga sering melihat para wisatawan membawa papan selancar melewati tebing. Salut juga nih buat para wisatawan, pasti petualang wisata sejati.

Patung Pandawanya di atas bukit yang bertuliskan Pantai Pandawa, itu jalan final masuk pantai ini.
Patung Pandawanya di atas bukit yang bertuliskan Pantai Pandawa, itu jalan final masuk pantai ini.

Tempat wisata ini masih tergolong sepi jika dibandingkan di #Pantai #Kuta, kecuali moment acara adat Bali. Mungkin karena lokasi pantai yang sedikit jauh dari pusat kota. Untuk menunju ke Pantai Pandawa bisa menggunakan kendaraan pribadi dan umum seperti taksi atau travel.

Setelah dibuat takjub dengan akses masuk jalannya, mari kita kuliti pantainya. It’s a magic man. Pasir putih terhampar luas, view Samudera Hindia dengan warna air yang biru, ombak yang baik untuk para peselancar, mendonggakan kepala sedikit anda menyaksikan warna-warni kain parasailing.

Kursi malasnya silahkan disewa, menuju surga dunia Pantai Pandawa
Kursi malasnya silahkan disewa, menuju surga dunia Pantai Pandawa

Fasilitas yang ada di sini bisa dibilang lengkap untuk ukuran pantai baru. Menjejakan kaki di pantai ini deretan fasilitas pertama yang anda lihat adalah kios – kios yang menjual baju, celana, kain pantai dan suvenir. Kios jajanan makanan ringan dan berat juga tersedia, gak ada salahnya untuk memuaskan lidah dan perut anda. Deretan kedua adalah jasa pijat. Laris manis, tarif yang di tawarkan juga bisa dibilang harga bisa berubah suatu saat, kalau lagi sepi pengunjung tarif pijat Rp. 50.000. Deretan ketiga, mendekati bibir pantai tersedia persewaan kursi malas yang siap mengantar anda ke surga dunia Pantai Pandawa.

deretan terakhir penyewaan kano
deretan terakhir penyewaan kano yang berjajar rapi

Banyak terdapat kano yang berjajar rapi siap digunakan untuk melintasi ladang rumput laut, deretan kano ini adalah fasilitas terakhir yang ada di bibir pantai. Dengan merogok uang dari kantung celana anda sebesar Rp. 50.000/ kano, anda bisa mencari dua teman untuk diajak berkano ria. Di Pantai Pandawa ini memang terkenal dengan budidaya rumput laut dari penduduk lokal.

single canoe or double canoe dan diisi 3 orang juga boleh untuk yang double canoe.
single canoe or double canoe dan diisi 3 orang juga boleh untuk yang double canoe.

Pasang rompi pelampung anda dan bergegas menurunkan kano untuk menjelajah ladang rumput laut. Sebelum menginjakan kaki di bibir pantai saja, rumput laut sejenis #wakame sudah terlihat. Jadi pengen nyebur di air laut yang tenang, jernih dengan hamparan hijau rumput laut. Kedalamannya air yang menjadi tempat bermain kano dan sekaligus tempat budidaya rumput laut tidak menentu ada yang mencapai 0,5m sampai 1m. Dan jika anda benar- benar jeli melihat akan ada landak laut banyak dijumpai.

area air pantai yang tanpa ombak dan yang berombak dipisahkan dengan tembok karang
area air pantai yang tanpa ombak dan yang berombak dipisahkan dengan tembok karang

Di Pantai Pandawa ini ada dua bagian air pantai yang tanpa ombak dan  yang beromabak. Dari bibir pantai kurang lebih 100 meter menjauhi pantai terdapat tembok karang yang membentang memanjang, ini menjadi pemisah dari air laut yang tanpa ombak dan berombak hampir mirip laguna. Nah yang tak berombak inilah dijadikan tempat budidaya rumput laut sekaligus berkano ria di ladang rumput laut.

Surga Dunia menikmati indahnya ciptaanNya. I don't care I love it.
Surga Dunia menikmati indahnya ciptaanNya. I don’t care I love it.

Berkano di ladang rumput laut yang paling indah itu di saat senja karna dapat percikan sunset yang melukis di langit Pantai Pandawa, bisa bermain kano dengan santai kalau dibandingkan siang hari menghindar dari terik matahari, dan melihat aktivitas penduduk lokal yang mengambil rumput laut.

Panen rumput laut ya, ibu - ibu ?
Panen rumput laut ya, ibu – ibu ?

Ketiga temen ku yang lain juga ikutan mengambil karna baru tahu kalau rumput laut jenis wakame ini bisa dimakan untuk dibuat cemilan, karena melihat dari acara tv swasta. Entah dari mana mendapatkan botol air mineral kosong sebagai media untuk membawa pulang rumput laut. Pada akhirnya rumput lautnya tertinggal di hotel, niatnya mau diolah sesampainya di hotel.

Masih ada info yang bisa membantu jika anda ingin berkano, harga penyewaan Rp. 50.000/kano/jam untuk tiga orang. Faktanya, karena dua temen yang lain lagi menemani barang bawaan kami di pos penjaga pantai, think again jadilah aku dan seorang temanku setelah puas berkano, akhirnya bertukar posisi menggantikan teman yang menjaga barang semetara teman yang satu lagi menjaga kano. Dan teman yang menjaga barang menggantikan kami. Ibarat kata tukar posisi tapi dengan harga satu #kano. Berlima bisa tetap harga satu kano. Hahaha prinsip ekonomis harus tetap dipakai.

#september2015 #kamukapankesini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s