Open Kitchen Chai Kwe Sakkok

Chai Kwe Sakkok
Chai Kwe Sakkok

Chai Kwe, untuk masyarakat Kalimantan Barat sudah sangat familiar di telinga. Hampir di setiap sudut kota di Kalimantan Barat tersedia jajanan ini. #ChaiKwe yang dalam dialek Thiociu atau Choi Pan yang dalam dialek Hakka. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, chai berarti sayuran, kwe berarti kue, chai kwe artinya kue yang berisi sayuran.
Katanya Chai Kue yang sangat terkenal sampai ke Jakarta adalah Chai Kue Sakkok di Kota #Singkawang. Berlokasi di Jl. Tanjung Batu no. 39 Sakkok di belakang toko Ket Loi.
Disini Chai Kwe tersedia dalam tiga varian isi, yaitu isi bengkoang, rebung dan kucai. Yang paling favorit sih bengkoang.

Chai Kwe di sini berbeda dari tempat lain loh, gak percaya mari kita bedah dulu.  Pertama bentuk sih emang kecil ya kalau sekali sompol langsung hap hap hap hap hap lenyap, karna lapisan kulit yang tipis dan isian yang banyak di tanggung gak akan nyesel kalau makan di sini. Berbeda kalau makan di tempat lain sekali sompol hap lenyap bakalan gak berasa tu.

Beralaskan daun pisang wow cakep banget dan chai kwe berkulit tipis berisi banyak
Beralaskan daun pisang wow cakep banget dan chai kwe berkulit tipis berisi banyak

Kedua dari segi penyajian ni Chai Kwe cantik banget terlihat virgin alias perawan banget. Wadah Chai Kwe yang beralaskan wadah pengukus dialasi kulit pisang sebagai media proses pengukusan dibiarkan tetap tersaji bersama Chai Kwe di atasnya. Terlihat kombinasi warna yang cantik daun pisang yang semakin hijau setelah proses pengukusan dan Chai Kwe Putih yang bertahta minyak bawang putih di atasnya. Di sajikan dalam porsi besar sesuai pesanan.

Pengukusan menggunakan kayu bakar, tradisional banget
Pengukusan menggunakan kayu bakar, tradisional banget

Ketiga, ini nih yang memberikan efek rasa yang menonjol, proses pengukusan menggunakan kayu bakar. Membuat aroma minyak bawang putih lebih nendang tercium dan aroma kayu yang terbakar.
Keempat, kalau kesini harus pesan dulu via telpon dan jangan via sma ya. Karna yang datang banyak banget buat ngantri dan anda bisa menikmati Chai Kwe panas.

Open Kitchen Chai Kwe Sakkok
Open Kitchen Chai Kwe Sakkok

Kelima, yang paling penting hanya ada di sini. Cari di tempat mana yang menyediakan open kitchen kalau bukan di Chai Kwe Sekkok Bu Akie (64). Hehe open kitchen versi tradisionallah dapurnya, dari mulai proses pembuatan sampai pengukusan gratis buat anda lihat tanpa ada yang ditutup – tutupi. Pembeli dapat melihat langsung pesanannya dibuat dan dijamin gak akan kecewa menunggu lama.

Berbeda bukan, ayo mampirlah dan ingat lidah punya sensitivitas sendiri.

Harga naik menjandi Rp.1.500/buah
Harga naik menjandi Rp.1.500/buah

Just info, buka di jam 14.00 – 19.00, nomor yang bisa dihubungin 0562-635662 / 081253954079, dan yang paling penting harganya naik menjadi Rp.1.500/buah

#September2015 #kamukapankesini

Advertisements

2 thoughts on “Open Kitchen Chai Kwe Sakkok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s